Dosen UGM Beri Kuliah Ekonomi dan Bisnis Gratis via YouTube

Pertumbuhan kapasitas universitas di Indonesia tidak sebanding dengan jumlah lulusan SMA yang dari tahun ke tahun yang semakin meningkat. Menurut survei Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada (UGM), ada sekitar 47,3 persen remaja putus sekolah karena tingginya biaya pendidikan.
Atas dasar itu, Rangga Almahendra, seorang dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, memutuskan membangun sebuah program kuliah gratis secara online (e-learning) bernama Kuliah Hak Segala Bangsa (KHSB) Positivi.
KHSB Positivi adalah sebuah platform media online yang fokus memberikan kesempatan pendidikan kepada setiap orang untuk mendapatkan ilmu dan perkuliahan secara gratis tanpa harus terdaftar pada suatu instansi pendidikan.
Program ini dapat diakses publik melalui kanal YouTube KHSB Positivi. Di sana akan disiarkan sejumlah video pendidikan yang disusun secara informatif dan interaktif.

Di sini Rangga banyak berbagi ilmu soal ekonomi, dan tentu saja tren dalam industri ekonomi itu sendiri seperti urundana (crowdfunding), modal ventura, dan ia juga sempat membahas soal Bitcoin. Semua kuliah via video ini dibubuhi dengan grafis agar tidak monoton.

Rangga, yang telah menelurkan karya dalam buku dan film berjudul 99 Cahaya di Langit Eropa dan Bulan Terbelah di Langit Amerika, mengharapkan program ini bisa menjadi Khan Academy atau Crash Course versi Indonesia dan membawa perubahan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
“Karena pendidikan yang berkualitas adalah hak setiap warga negara Indonesia,” kata Rangga dalam siaran pers yang diterima kumparan (kumparan.com), Rabu (20/9).
Saat ini kanal YouTube KHSB Positivi sudah menyajikan 7 video kuliah yang membahas berbagai permasalahan bisnis kontemporer yang disampaikan secara menghibur, dan telah memiliki sekitar 1.250 subscriber.
Program besutan Rangga ini mendapat dukungan penuh dari UGM. Program media online ini disebut bisa menjadi sarana baru untuk memberikan akses ilmu pengetahuan secara gratis kepada masyarakat.

Sumber: https://kumparan.com/aditya-panji/dosen-ugm-beri-kuliah-ekonomi-dan-bisnis-gratis-via-youtube

%d bloggers like this: